puspa lestari

Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Toroh Grobogan. Mengawali menulis sejak tahun 2017 dan bergabung di Media Guru Indonesia. Tiada hari tanpa menulis karena me...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tulisan ke33 tantangan menulis 60hr

Belajar Simple Past dengan Youtube

Zaman now setiap siswa mengenal youtube biasa digunakan untuk browsing video pembelajaran atau tutorial. Kebiasaan siswa menggenggam androin bergelut dengan dunia maya salah satunya youtube. Siswa juga memanfaatkannya sebagai youtuber berbayar ratusan juta dengan ribuan followers hanya mengisi konten menarik yang disukai para pengikutnya.

Melihat situasi tersebut guru berinisiatif membuat video materi tentang simple past dengan videoscribe yang menarik lalu mengunggahnya ke youtube. Guru membuat video pembelajaran dengan kreativitas sehingga menghasilkan video yang educatif dan menyenangkan. Video diharapkan mampu membantu penyampaian materi yang biasa diterangkan di dalam kelas kini melalui medsos.

Guru membagi link youtube yang dapat diakses siswa dengan mengirimnya melalui wa grup kelas. Siswa diminta menyimak video tersebut dan diminta menyimpulkan materi yang telah disampaikan guru. Siswa dapat saling bertukar informasi dengan teman di grup kelas. Siswa juga dapat mencari referensi materi simple past di buku paket maupun modul yang dimiliki siswa.

Ketika siswa menghadapi kesulitan untuk memahami materi simple past maka siswa dapat bertanya melalui wa grup kelas. Apabila guru sibuk belum bisa membalas chat siswa yang kesulitan maka teman lain yang bisa menjawab dapat menjelaskan. Guru akan memperjelas dengan mengirimkan foto contoh simple past agar lebih paham.

Apabila semua telah memahami materi simple past maka guru akan meminta siswa mengerjakan latihan soal yang ada di buku paket dan hasil pekerjaan difoto lalu dikirim ke wa guru untuk dinilai. Setelah satu kali latihan banyak siswa yang mengerti maka guru akan mengadakan ulangan harian. Guru akan membuat membuat soal esai sebanyak empat model lalu mengirim soal tersebut melalui wa pribadi. Guru memberikan waktu 45 menit untuk mengerjakan setelah soal dishare di wa masing-masing.

Guru menunggu kiriman hasil ulangan dari siswa caranya siswa memfoto jawaban soal lalu dikirim ke wa guru. Terkadang ada siswa yang mengumpulkan tidak sesuai ketentuan yang guru sampaikan maka guru akan memberikan soal teguran dan sanksi pengurangan nilai sesuai lama keterlambatannya. Ternyata aturan tersebut ditaati hampir semua siswa meskipun masih ada sekitar tiga siswa yang tidak mengindahkan perintah guru.

Jika semua jawaban terkumpul semua maka guru akan mengoreksi dan memberikan nilai. Hasil ulangan akan diumumkan melalui foto nilai di wa grup kelas. Bagi yang belum tuntas guru akan memberikan remidi dengan mengirimkan soal melalui wa pribadi namun sebelum mengerjakan soal guru akan memberikan ulasan sedikit tentang simple past agar siswa tersebut bisa remidial dengan hasil yang baik.

Apabila siswa remidial telah mnedapatkan nilai tuntas maka tak lupa guru akan mengingatkan lagi materi simple past melalui pengiriman ringkasan disertai contoh dan latihan yang dapat digunakan siswa untuk literasi di rumah agar tidak lupa materi yang telah dibahas. Guru senantiasa memberikan motivasi bagi yang nilainya sama dengan batas tuntas. Guru berharap siswa belajar lebih giat agar dapat mencerna materi dan mengerjakan ulangan dengan nilai maksimal.

Bagi yang memperoleh nilai ulangan melampaui batas tuntas maka guru akan memberikan rewad pujian dan himbauan agar menjaga nilai tersebut tetap bagus dengan belajar giat lagi. Tak lupa guru meminta saran dan kritik tentang model pembelajaran yang diuplod di youtube. Tuujuannya agar guru dapat meningkatkan kreatifitas dalam membuat video pembelajaran yang lebih baik sehingga dapat membantu siswa dalam pemahaman materi ajar.

Tak ada yang sempurna di dunia fana ini namun guru perlu berkarya membuat video-video pembelajaran menarik agar siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif dan menyenangkan. Kelas yang aktif akan membantu guru mencapai target pembelajaran yang telah direncanakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post